Analisa Diferensiasi dan Integrasi Organisasi pada Kantor Camat Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat
1. Analisa Informasi - Diferensiasi
Sesuai dengan teori Informasi Diferensiasi, Kantor Camat Arongan Lambalek memiliki fungsi-fungsi yang terbagi dalam tugas pokok dan tugas pelayanan. Berdasarkan PP No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, Kantor Camat Arongan Lambalek diklasifikasikan pada Kecamatan Tipe B. Oleh karena itu, berdasarkan analisa diferensiasi tersebut susunan organisasinya terdiri dari:
Sesuai dengan teori Informasi Diferensiasi, Kantor Camat Arongan Lambalek memiliki fungsi-fungsi yang terbagi dalam tugas pokok dan tugas pelayanan. Berdasarkan PP No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, Kantor Camat Arongan Lambalek diklasifikasikan pada Kecamatan Tipe B. Oleh karena itu, berdasarkan analisa diferensiasi tersebut susunan organisasinya terdiri dari:
a. Tugas Pokok
- Kepala Seksi Pemerintahan, bertugas menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan terhadap desa-desa yang ada dalam kecamatan.
- Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan, bertugas menjalankan fungsi-fungsi peningkatan ekonomi masyarakat dan memfasilitasi kegiatan pembangunan di tingkat kecamatan.
- Kepala Seksi Pelayanan, bertugas menjalankan fungsi-fungsi pelayanan kepada masyarakat terutama terkait proses perizinan dan rekomendasi.
- Kepala Seksi Trantib Linmas dan Kesra, bertugas menjalankan fungsi-fungsi koordinasi, fasilitasi dan pengelolaan terhadap kehidupan masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.
b. Tugas Pelayanan
Tiap-tiap seksi dan sub bagian dilengkapi dan difasilitasi dengan perangkat kerja yang mendukung ketersediaan informasi dan mempermudah pekerjaan sehari-hari. Keberadaan kantor yang jauh dari pusat pemerintah kabupaten mengharuskan tiap-tiap tugas dibekali dengan sarana/prasarana kerja yang memadai yang dibuktikan dengan ketersediaan komputer, akses internet, perangkat komunikasi serta hal-hal yang dapat menunjang mobilitas para pegawai dalam melakukan pemantauan ke desa-desa atau koordinasi langsung dengan pihak kabupaten.
Berdasarkan analisa dari fakta-fakta tersebut, maka tingkat informasi diferensiasi pada tugas-tugas dan sarana/prasarana pendukung informasi di Kantor Camat Arongan Lambalek dapat digolongkan pada tingkat sangat baik, sehingga pada diagram analisa dapat diberikan nilai tinggi (T).
2. Analisa Kelangkaan Sumber - Integrasi
Sesuai dengan teori Analisa Kelangkaan Sumber – Integrasi, Kantor Camat Arongan Lambalek memiliki keterbatasaan dari sumberdaya manusia. Pada level pejabat struktural yang menjalankan tugas pokok dan pelayanan, tingkat pendidikan tergolong memadai dan kompeten pada urusan-urusan penyelenggaraan administrasi publik.
Namun, pada tataran staf terdapat keterbatasan jumlah, kompetensi dan produktivitas kerja yang maksimal dan optimal. Pada beberapa bagian tugas pokok dan tugas pelayanan, jumlah pegawai yang bertugas membantu pimpinan dirasa kurang proporsional sehingga melahirkan suatu kebijakan penerimaan tenaga kontrak terbatas dan tenaga bakti (sukarela). Saat kondisi tertentu, justru para staf maupun tenaga bantuan operasional lainnya kurang kompeten dalam memahami tugas-tugas lainnya karena kurang partisipatif pada kegiatan kantor. Beberapa bagian tugas juga kekurangan pegawai-pegawai yang lebih tinggi pangkat dan tingkat pendidikannya, sebagai upaya kaderisasi dan peningkatan karier para pegawai.
Berdasarkan fakta tersebut, maka analisa kelangkaan sumber dan integrasi di Kantor Camat Arongan Lambalek masih memerlukan pembenahan dan adaptasi yang lebih modern dalam rangka pemenuhan sumberdaya manusia yang lebih kompeten dan produktif. Oleh karena itu, pada diagram dapat diberikan tingkatan dengan nilai menengah (M). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai kedua analisa tersebut terhadap Kantor Camat Arongan Lambalek adalah 8.
Diagram Analisa Informasi-Diferensiasi dan Kelangkaan Sumber-Integrasi:
- Subbag Keuangan dan Kepegawaian, bertugas menjalankan fungsi pengelolaan keuangan kantor dan pelayanan administrasi kepegawaian di lingkungan kantor melalui koordinasi dengan pihak kabupaten.
- Subbag Umum dan Perlengkapan, bertugas menjalankan fungsi-fungsi administrasi terkait dengan surat-menyurat, agenda kegiatan, pengembangan dan pemeliharaan aset/inventaris kantor untuk mendukung pelayanan.
Tiap-tiap seksi dan sub bagian dilengkapi dan difasilitasi dengan perangkat kerja yang mendukung ketersediaan informasi dan mempermudah pekerjaan sehari-hari. Keberadaan kantor yang jauh dari pusat pemerintah kabupaten mengharuskan tiap-tiap tugas dibekali dengan sarana/prasarana kerja yang memadai yang dibuktikan dengan ketersediaan komputer, akses internet, perangkat komunikasi serta hal-hal yang dapat menunjang mobilitas para pegawai dalam melakukan pemantauan ke desa-desa atau koordinasi langsung dengan pihak kabupaten.
Berdasarkan analisa dari fakta-fakta tersebut, maka tingkat informasi diferensiasi pada tugas-tugas dan sarana/prasarana pendukung informasi di Kantor Camat Arongan Lambalek dapat digolongkan pada tingkat sangat baik, sehingga pada diagram analisa dapat diberikan nilai tinggi (T).
2. Analisa Kelangkaan Sumber - Integrasi
Sesuai dengan teori Analisa Kelangkaan Sumber – Integrasi, Kantor Camat Arongan Lambalek memiliki keterbatasaan dari sumberdaya manusia. Pada level pejabat struktural yang menjalankan tugas pokok dan pelayanan, tingkat pendidikan tergolong memadai dan kompeten pada urusan-urusan penyelenggaraan administrasi publik.
Namun, pada tataran staf terdapat keterbatasan jumlah, kompetensi dan produktivitas kerja yang maksimal dan optimal. Pada beberapa bagian tugas pokok dan tugas pelayanan, jumlah pegawai yang bertugas membantu pimpinan dirasa kurang proporsional sehingga melahirkan suatu kebijakan penerimaan tenaga kontrak terbatas dan tenaga bakti (sukarela). Saat kondisi tertentu, justru para staf maupun tenaga bantuan operasional lainnya kurang kompeten dalam memahami tugas-tugas lainnya karena kurang partisipatif pada kegiatan kantor. Beberapa bagian tugas juga kekurangan pegawai-pegawai yang lebih tinggi pangkat dan tingkat pendidikannya, sebagai upaya kaderisasi dan peningkatan karier para pegawai.
Berdasarkan fakta tersebut, maka analisa kelangkaan sumber dan integrasi di Kantor Camat Arongan Lambalek masih memerlukan pembenahan dan adaptasi yang lebih modern dalam rangka pemenuhan sumberdaya manusia yang lebih kompeten dan produktif. Oleh karena itu, pada diagram dapat diberikan tingkatan dengan nilai menengah (M). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai kedua analisa tersebut terhadap Kantor Camat Arongan Lambalek adalah 8.
Diagram Analisa Informasi-Diferensiasi dan Kelangkaan Sumber-Integrasi:
DIFERENSIASI
INTEGRASI
|
T
|
7
|
8
|
9
|
M
|
4
|
5
|
6
|
|
R
|
1
|
2
|
3
|
|
|
R
|
M
|
T
|
|
|
|
KELANGKAAN
SUMBER - INTEGRASI
|
Comments
Post a Comment